Karier
Pendirian
Pembentukan Girls' Generation diumumkan pada 16 Juli 2007 disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior. Sebelum menjadi anggota Girls' Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.
2007-2008: "Into the New World" dan Girls' Generation
Acara M! Countdown di Mnet 18 Juli 2007 menjadi tempat penampilan pertama Girl's Generation. Mereka membawakan lagu "다시 만난 세계 (Into the New World)" yang dirilis sebagai singel pertama Girls' Generation, Agustus 2007. Singel tersebut juga berisi dua lagu lain, "Beginning" dan "Perfect For You (소원)", serta versi instrumental "?다시 만난 세계 (Into the New World)". Judul lagu "Perfect For You" nantinya berganti judul sebagai "Honey" dalam album perdana mereka, Girls' Generation. Singel "Into the New World" diikuti kegiatan promosi. Mereka tampil dalam acara Popular Songs di SBS, Show! Music Core di MBC, dan Music Bank di KBS.
Album debut 소녀시대 (Girls' Generation) dirilis akhir musim gugur 2007 dengan lagu andalan berjudul sama. Ketika dibawakan Lee Seung Chul, lagu "Girls' Generation" sukses sebagai lagu hits, tapi ketika dibawakan mereka, album ini hanya terjual sejumlah 121.143 kopi. Pada awal tahun 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua, "Kissing You" dengan Donghae dari Super Junior sebagai bintang tamu.
Pada Maret 2008, album Girls' Generation dirilis kembali dengan sebagai album repackage, Baby Baby, dan dirilis singel "Baby Baby" dari album tersebut. Sementara itu, sebuah album EP digital, Roommate dari Jessica, Tiffany, dan Seohyun dirilis bulan April 2008. Setelah itu, Girls' Generation ikut serta dalam konser SMTown Live '08 bersama rekan-rekan dari SM Entertainment, BoA, TVXQ, Super Junior, CSJH the Grace, Zhang Liyin, dan SHINee. Tur keliling juga dilangsungkan di Thailand dan RRC.
2009: Gee dan Tell Me Your Wish (Genie)
Pada Januari 2009, Girls' Generation merilis album mini Gee Singel berjudul sama dari album Gee langsung menjadi lagu terpopuler di Cyworld pada hari berikutnya, dan menempati urutan nomor satu semua tangga lagu digital dalam dua hari berikutnya.
Dalam rangka promosi album Gee, mereka muncul dalam acara Show! Music Core bulan Januari 2009. Mereka membawakan lagu "Gee" dan "Him Nae/Way To Go" yang juga berasal dari album mini Gee. Di tangga lagu M.Net, "Gee" menjadi pemegang rekor lagu nomor satu yang bertahan paling lama (8 minggu) mengalahkan "Nobody" dari Wonder Girls.
Girls' Generation menempati peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan lagu "Gee",sekaligus memecahkan rekor acara Music Bank di KBS yang sebelumnya dipegang oleh Jewelry dengan "One More Time" (7 minggu berturut-turut).
Mereka kembali dengan singel baru mereka "Tell Me Your Wish (Genie) (lagu)" (bahasa Korea: "소원을 말해봐", "Tell Me Your Wish") yang dirilis secara digital, 22 Juni 2009. Album mini ini menampilkan duet Jessica dan anggota Shinee yang bernama Onew.
2010: Oh!, Run Devil Run, debut di Jepang dan Hoot
Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls' Generation akan merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari. Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya. Lagu tersebut langsung menduduki peringkat pertama dalam berbagai chart musik hanya dalam waktu beberapa saat setelah dirilis.
Dengan lagu "Oh!", Girls' Generation berhasil memenangi K-Chart 5 minggu berturut-turut pada acara KBS Music Bank, serta 3 kali kemenangan di SBS Inkigayo. Video klip dari lagu tersebut juga sangat populer, terbukti dengan mendapat peringkat pertama sebagai video yang paling banyak ditonton pada tahun 2010 di Youtube Korea dan Hongkong, serta masuk jajaran 10 teratas di Taiwan dan Jepang. Dan juga perilisan Second Album Repackage yang disebut juga Black Soshi, disitu mereka menampilkan Run Devil Run yang sedikit tayang pada MV Terakhir Oh!.
2011: Mr. Taxi, album Jepang pertama dan The Boys
Album mini "Hoot" disertifikasi Gold oleh Record Industry Association of Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi. Pada awal tahun 2011, Girls' Generation mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul "Visual Dreams", sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel Core generasi kedua di Asia.
Video klip untuk "Visual Dreams" dirilis tanggal 17 Januari yang disertai berbagai macam kampanye promosi termasuk musik baru, video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto dan display di toko-toko komputer.
Pada pertengahan Januari diumumkan bahwa mereka akan akan kembali ke pasar musik Jepang dengan perilisan versi bahasa Jepang dari "Run Devil Run" sebagai singel digital, dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Januari 2011.
Tanggal 20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20 mereka menerima penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity Award dan Hallyu Award. Dengan ini Girls' Generation menjadi satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun berturut-turut.
Girls' Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea.[34] Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.
Tanggal 8 Maret, Universal Music Japan memberikan informasi di situs resmi mereka tentang perilisan singel ketiga dan tur konser Jepang pertama Girls' Generation. Pada tanggal 27 April Girls' Generation akan merilis album singel Jepang ketiga "Mr. Taxi/Run Devil Run" yang di dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama "MR. TAXI" dan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka "Run Devil Run". Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut akan disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011.
Saat itu diumumkan juga bahwa Girls' Generation akan menggelar konser keliling Jepang bertajuk "The 1st Japan Arena Tour" yang akan dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total sebanyak 14 konser di 6 kota akan berlangsung selama satu setengah bulan.
Di 2011 VMAJ, Girls' Generation dinominasikan di tiga kategori yaitu "Best Group Video", "Best Video Of The Year" dan "Best Karaokee! Song". Girls' Generation membawakan dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh artis-artis terkenal dunia seperti Tokio Hotel dan Lady Gaga tersebut. Pada tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu "Best Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk "Genie".
Tanggal 1 Juni 2011, mereka merilis album studio Jepang pertama yang bertajuk Girls' Generation. Album ini memuat 12 lagu termasuk singel "Genie", “Gee”, "Run Devil Run", "Mr. Taxi/Run Devil Run" dan versi Jepang dari "Hoot".
Album Girls' Generation disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan pada 14 Juni 2011 dan Double Platinum pada 8 Juli 2011. Grup ini juga mencetak rekor sebagai artis luar negeri dengan total penjualan album pertama tertinggi di Jepang. Girls' Generation adalah artis keempat yang mencapai posisi nomor 1 di chart album mingguan Oricon setelah BoA, TVXQ dan Big Bang, dan menjadi artis Korea ketiga yang melewati angka penjualan 500.000 kopi setelah BoA dan TVXQ. Seiring dengan popularitas mereka yang semakin bertambah, Girls' Generation pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di Jepang pada paruh pertama tahun 2011. Album Girls' Generation telah terjual sebanyak lebih dari 629.436 keping, menjadikannya sebagai album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.
Belakangan ini, Girls' Generation sedang sibuk dengan tur Asia kedua mereka. Dua konser pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24 Juli, diikuti dengan konser di Taipei, Taiwan tanggal 9, 10 dan 11 September, serta di Singapura pada 9 dan 10 Desember.
Girls' Generation dinamai "The Most Influential Entertainers in Korea" untuk tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada tahun sebelumnya berada di posisi keenam.
Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan album Korea ketiga mereka "The Boys. Foto teaser mereka memiliki konsep cerita dongeng dan foto pertama yang menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan Tiffany pada 28 September serta Yoona, Yuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser pertama untuk "The Boys" dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik S.M. Entertainment.
Girls’ Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis album ketiga "The Boys" lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia termasuk Korea pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa peluncuran album tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera setelah tercapai kesepakatan. Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan dirilis pada 19 Oktober 2011 dan Girls' Generation akan membawakan lagu "The Boys" untuk pertama kalinya di acara Music Bank di KBS pada 21 Oktober.
Sebagai langkah pertama mereka dalam menembus pasar musik internasional, Girls' Generation menanda tangani kontrak dengan label Amerika Serikat Interscope Records yang merupakan anak perusahaan Universal Music Group.
Singel utama album ketiga mereka, "The Boys" dirilis dalam dua bahasa yaitu Korea dan Inggris. Lagu tersebut diciptakan dan diaransemen oleh Teddy Riley yang pernah menjadi produser Michael Jackson.
Hanya dalam waktu beberapa menit setelah "The Boys" dirilis, album tersebut langsung menduduki ranking pertama di berbagai tangga lagu situs musik. Pada tanggal 21 Oktober, Girls' Generation memulai promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu "The Boys" dan "Mr. Taxi(Korean ver.)" di Music Bank. Girls' Generation dikonfirmasi akan merilis singel maxi (album mini) "The Boys" di Amerika Serikat pada 29 November, namun belakangan tanggal perilisan tersebut kemudian diundur sampai 25 Desember 2011.
Seminggu setelah penampilan comeback mereka, Girls' Generation memenangkan penghargaan pertama untuk "The Boys" di M! Countdown pada 27 Oktober, kedua di Music Bank pada 28 Oktober dan yang ketiga pada 30 Oktober di Inkigayo. The Boys terjual sebanyak 227.994 kopi selama 12 hari dan menjadi album yang paling banyak terjual di Korea Selatan untuk bulan Oktober.
Pada tanggal 11 November dikabarkan bahwa Girls' Generation akan merilis buku foto resmi pertama mereka di Jepang yang berjudul “Holiday”. Selain itu dokumentasi tur konser Jepang pertama mereka akan tersedia baik dalam bentuk blu-ray maupun DVD dan akan dirilis pada 14 Desember. "Holiday" menembus posisi no. 1 dalam kategori fotografi di chart penjualan buku di Jepang. Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat menikmati liburan, dan berhasil terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam waktu satu minggu. pada tanggal 29 November Girls' Generation tampil dalam acara M'Net Asian Music Award 2011 dengan menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu pula Girls' Generation mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group dan Artist Of The Year.
Girls' Generation ikut berpartisipasi dalam album kompilasi "2011 Winter SMTown: The Warmest Gift" dengan lagu berjudul "Diamond". Album tersebut dirilis pada 13 Desember 2011.
2012: Promosi Internasional, Aktivitas solo, TaeTiSeo, dan comeback Jepang
Girls' Generation tampil di Seoul Music Awards, 19 Januari 2012.
Pada tanggal 12 Januari 2012, kelompok menghadiri Golden Disk Awards, yang digelar di Osaka, membawa pulang dua penghargaan; "Digital Bonsang" dan sangat didambakan "Digital Daesang". Seminggu kemudian, pada tanggal 19 Januari 2012, mereka menghadiri Seoul Music Awards, dan membawa kembali dua penghargaan, penmghargaan "Bonsang" dan "Popularity". Kelompok ini juga memenangkan dua penghargaan dari Gaon Chart Awards, memenangkan Album Of The Year untuk kuartal keempat dan Oricon penghargaan "Hallyu Singer". Pada tanggal 24 Februari 2012, teaser untuk singel digital Jepang, "Time Machine", dirilis. Lagu ini termasuk dalam versi repackaged Jepang album Jepang pertama mereka. Video musik penuh dirilis pada tanggal 13 Maret 2012, dengan empat belas lagu memuncak pada Billboard Japan's Hot 100.
Mereka tampil di Late Show with David Letterman dan Live! with Kelly pada tanggal 31 Januari, 2012 dan 1 Februari 2012, di mana mereka melakukan remix dari versi bahasa Inggris dari "The Boys", menandai pertama kalinya bahwa sebuah tindakan musik Korea telah dilakukan. Mereka juga tampil pada acara Perancis, Le Grand Journal, pada tanggal 9 Februari 2012, setelah ia mengumumkan bahwa mereka akan merilis "The Boys" pada tanggal 13 Februari 2012, melalui Universal Music Group Polydor Records di Perancis. Pada bulan yang sama, Forbes Korea melaporkan daftar tahun ini dari "Top 40 Power Celebrities". Girls' Generation mendapat peringkat nomor satu dalam daftar, sehingga membuat mereka menjadi kelompok gadis dan selebriti perempuan Korea Selatan terkuat. Sebulan kemudian, pada tanggal 23 Maret 2012, mereka membuat penampilan debut mereka di Malaysia di Petronas Towers, sebagai bagian dari Twin Towers @Live 2012. Angka untuk kelompok pendapatan total untuk 2011 yang dirilis pada bulan Maret, 2012. Kelompok ini ditempatkan pertama di antara label mereka, penghasilan lebih dari 100 miliar won, atau, sekitar, $88.560.000 USD.
April 2012 melihat pembentukan Girls' Generation-TTS, atau simpelnya "TaeTiSeo", subunit yang terdiri dari anggota Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Sub kelompok merilis album mini pertama mereka, Twinkle, pada 2 Mei. Kelompok ini terus promosi sepanjang bulan, tampil di berbagai acara dan di Hallyu Dream Wave Concert. "Twinkle" debut di nomor 126 pada Billboard 200, menjual lebih dari 3.000 eksemplar dan menjadikannya tertinggi charting album K-Pop pada grafik pada saat itu. Pada bulan Juli, 2012, album itu terjual 140.000 eksemplar di negara asalnya, dan 24.000 eksemplar lebih lanjut di luar negeri.
Di bulan yang sama, kelompok, dengan pengecualian Yuri dan Yoona, menghadiri showcase untuk film biografi SM Entertainment, I AM., yang diselenggarakan di bioskop CJ CGV di Yeongdeungpo-gu, Seoul, pada tanggal 30 April. Seminggu sebelumnya, "Dear My Family", lagu tema untuk film, yang menampilkan pemimpin kelompok, Taeyeon, dirilis, yang menampilkan baik konser dan belakang panggung cuplikan.
Pada tanggal 20 Mei 2012, kelompok tampil dengan label-mate mereka di Honda Center di Anaheim, sebagai bagian dari tanggal pertama dari SMTown Live World Tour III. Anggota Yoona dan Yuri tidak hadir karena komitmen mereka dengan syuting drama televisi mereka Love Rain dan Fashion King. Setelah berakhirnya dari drama mereka, Yuri dan Yoona kembali ke kelompok sebagai tur pindah ke Taiwan, di mana mereka tampil untuk kerumunan 30.000 orang. Tur kemudian dilanjutkan ke Tokyo, Korea Selatan, Singapura, Thailand dan Indonesia.
Sebuah video teaser untuk singel Jepang kelompok, "Paparazzi", dirilis pada tanggal 29 Mei 2012. Teaser ini diikuti oleh rilis dari video musik penuh, lalu versi tari, pada 14 Juni 2012. Lagu, dirilis pada tanggal 27 Juni 2012, akan berfungsi sebagai lead singel dari album Jepang kedua mendatang mereka. Paparazzi terbukti menjadi rilis lain sukses untuk grup, memulai debutnya di atas Japanese Hot 100, menjual lebih dari 92.000 kopi dalam minggu pertama, menjadi pembuka kedua mereka minggu terbaik pertama, setelah debut 102.000 dari Mr. Taxi, setahun sebelumnya. Perilisan "Paparazzii", dikuatkan kelompok total penjualan singel di negara itu untuk lebih 647.000, menurut SoundScan Japan.
Di bulan yang sama, kelompok memenangkan "Best Album of the Year" untuk album debut Jepang mereka di VMAJ 2012. Ini diumumkan pada tanggal 3 Juli 2012, bahwa kelompok untuk melepaskan perangko resmi pada bulan berikutnya, memperingati HUT ke-5 mereka. Sebanyak 14 perangko yang diproduksi, yang termasuk sampul album yang sudah ditandatangani. Ini menandai pertama kalinya seorang selebriti telah membuat kontrak dengan Korea Post untuk menghasilkan perangko . Dalam satu jam dari penerbitan perangko, lebih dari setengah dari lembaran prangko yang tersedia sudah terjual habis.
Tampil di Singapura, November 2012
Pada tanggal 10 Agustus 2012, terungkap bahwa kelompok untuk merilis videografi Blu-ray/DVD berjudul "Girls' Generation Complete Video Collection". Dua minggu kemudian pada tanggal 29 Agustus, fansite resmi Jepang kelompok mengumumkan kelompok akan tur Jepang untuk kedua kalinya, pada tahun 2013.
"Oh! / All My Love Is For You", double kedua kelompok singel A-side, dan singel kedua dari album studio kedua mereka di Jepang dirilis pada tanggal 26 September 2012, dan menampilkan remake Jepang 2010 singel mereka, "Oh!".[78] Video musik “All My Love Is For You” dirilis pada 4 September 2012 dan video musik untuk "Oh!" dirilis pada 14 September 2012. Oh!, meraih tempat pertama pada chart Oricon Weekly Single, menjual 66.000 kopi dalam minggu pertama. Tambahan, Complete Video Collection mereka mnempatio tempat pertama di chart Oricon Weekly DVD and Blu-ray, menjual 59.000 cakram kolektif.
Mereka adalah seniman kedua untuk mencapai nomor satu pada ketiga grafik di minggu yang sama. Satu-satunya kelompok lain untuk mencapai hal ini adalah prestasi yang sama dari band rock pop Jepang, Mr. Children. ALbum kedua Jepang mereka, Girls' Generation II ~Girls & Peace~, dijadwalkan rilis pada 28 November 2012. Album ini akan didahului oleh singel "Flower Power", yang direncanakan akan dirilis pada 21 November 2012.
Kelompok ini akan berpartisipasi dalam soundtrack untuk labelmate, debut film BoA, COBU 3D. Lagu, dinyanyikan dalam bahasa Inggris, berjudul "Cheap Creeper" akan dirilis sebelum rilis film. Jessica juga berpartisipasi dalam lagu lain untuk soundtrack dengan adiknya Krystal Jung dan anggota EXO, Kris, di lagu, "Say Yes."
Pada tanggal 16 Oktober 2012, ia mengumumkan Hyoyeon dan Jessica akan berpartisipasi dalam kampanye promosi musik untuk perusahaan mobil Hyundai, dan pelanggan "Premium Younique Lifestyle". Lagu Jessica, "My Lifestyle" fitur dengan rapper Korea Dok2, wdirilis pada 18 Oktober 2012. Track Hyoyeon, berjudul "Maxstep", sebuah lagu electropop dubstep berorientasi menampilkan Super Junior Eunhyuk, SHINee Taemin, Super Junior-M Henry, EXO-K Kai, dan EXO-M Luhan dirilis pada 31 Oktober 2012.
Girls’ Generation awalnya ditargetkan untuk comeback Korea pada akhir Oktober atau awal November. Namun, mereka telah memutuskan untuk tidak comeback tahun ini. Rencana itu akhirnya dibatalkan untuk grup untuk fokus pada promosi Jepang untuk sisa 2012. Kelompok ini akan merilis 2011 Girls' Generation Tour DVD pada tanggal 30 November 2012 yang menampilkan cuplikan dari tur konser 2011. Sebuah photobook dan poster pers terbatas edisi pertama juga disertakan dengan DVD.
Pada tanggal 16 November 2012, diumumkan bahwa kelompok itu bermaksud untuk membuat comeback Korea pada tahun 2013. Bulan berikutnya, pada tanggal 11 Desember 2012, seorang wakil untuk SM Entertainment menyatakan bahwa kelompok itu berada di tahap akhir persiapan album keempat mereka, bagaimanapun, tanggal rilis masih diputuskan. Kelompok ini juga akan menerima khusus pada jaringan Korea MBC didedikasikan untuk comeback mereka di Januari 2013.
Karena rilis Jepang mereka, kelompok mendapatperingkat tujuh di antara seniman Jepang dalam hal keuntungan moneter, kelompok ini telah menghasilkan lebih dari 4,3 miliar Yen (US$51 juta) untuk 2012.
0 komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan kata-kata sopan, tidak SARA dan mengandung Unsur Pornografi